KESIBUKAN AWAL KULIAH


Beberapa bulan yang lalu gue meradang, meradang gara-gara ngak ada kerjaan karena libur kuliah yang sangat panjang. Kesepian, kehidupan gue selama hampir satu bulan lebih hanya  gue lakuin dirumah saja. Memang sih waktu liburan emang lebih baik dihabiskan dirumah karena emang kalo udah masuk kuliah bakal jarang banget dirumahnya. Terkadang hanya malam saja waktu gue habisin dirumah, itupun gue biasanya langsung tidur jadi jarang banget deh waktu gue kumpul-kumpul sama emak n bapak gue, tapi tetap saja rasa bosan datang menghampiri.

Mungkin kesepian dan kebosanan gue selama liburan telah berakhir hampir satu minggu ini. Gue udah masuk kuliah lagi, udah harus siap dengan segala pertarungan-pertarungan di medan perang semester genap ini. Kebanyakan senior mengatakan kalo semester genap itu lebih susah dari pada semester ganjil. Kalo difikir sih emang pantes ajah semakin susah karena secara ngak langsung naik semester sama ajah kayag naik TH di game COC, jika naik TH nanti bertambah berat musuhnya, bertambah kuat pasukan yang menyerang dan bakal semakin bertambah  lagi tantangannya. Tapi ngak tau kenapa yang dibilang para senior itu ada benernya juga. Gue sendiri yang ngerasain emang lebih susah 100% dari pada semester ganjil yang lalu dan kesusahan itu sudah dimulai sejak minggu pertama kuliah karena….

Soal Olimpiade Algortima

Inilah satu hal yang harus gue kerjakan diawal-awal semester ini. Dikala teman-teman yang lain masih asik reunian karena hampir ngak ketemu selama liburan, gue sudah dihadapkan dengan pembuatan soal untuk olimpiade. Selain gue kuliah seperti biasa, gue juga ikut organisasi HMJ di jurusan gue. Mungkin karena bawaan dari SMA yang sering ikutan organisasi sehingga gue tanpa sadar, dengan sendirinya ikutan organisasi HMJ. Saat ini HMJ gue yang bernama HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) sedang mempersiapkan buat acara Pekan Teknologi Informasi yang tahun ini merupakan masuk tahun ke-dua penyelenggaraan.

Terdapat beberapa ajang perlombaan yang diadakan sekarang seperti lomba Live Coding, lomba blog juga ada loh, jadi buat yang masih unyu-unyu atau masih SMA silahkan ikutan yak, hadiahnya juga lumayan tapi khusus pelajar yang ada di Jawa Timur ajah loh yaa, yang luar jatim jangan gigit jari deeh. Ada seminar tentang StartUp dan salah satunya ada lomba Olimpiade Algoritma dan Gue yang ditunjuk sebagai CO kegiatan olimpiade diberi tugas untuk menyusun soal-soal untuk olimpiade.
Sebenarnya gue gak pantes banget buat nyusun soal setara olimpiade tersebut tapi temen-temen ngeamanatin itu ke gue yang katanya gue ini rajin belajar, pinter, sholeh dan suka menabung. Karena bujuk rayu temen-temen gue yang super kuat akhirnya iman gue goyah dan meng-iya-kan permintaan temen-temen tersebut. Sewaktu awal-awal sih gue ngerasa sanggup untuk mengerjakan tapi sampai saat ini gue baru ngerasa kalo buat soal itu susahnya minta ampun dan tanggung jawabnya besar banget, apalagi ini acara untuk pelajar se-jawa timur. Kalo ada yang salah konsen dalam pembuatan soal sedikit pun bisa mampus gue kena komplain dari peserta.

Develop Game Android

Ini berawal dari semester 3 yang lalu, ketika salah satu mata kuliah di haruskan membuat projek akhir yang boleh memilih untuk membuat game, aplikasi android atau aplikasi desktop. Gue pun tertarik untuk membuat game dari pada aplikasi, yaa mungkin salah satu alasanya karena sebelumnya udah pernah buat aplikasi sih dan sekarang mau nyoba tantangan baru untuk buat game, meski alasan yang lain juga ada seperti gue pengen diliat keren gitu karena udah berhasil buat game.

Game yang gue buat gue beri nama “Bloody Jump”. Dari namanya ajah bisa ditebak bagaimana jalannya game gue itu. Iyaap game gue bercerita tentang 4 jenis golongan darah yang berusaha untuk melompat mencapai garis finish. Tapi dalam perjalannya, sih bloody (actor game) harus menghindari virus yang bisa mengalahkannya dan supaya bisa semakin kuat si bloody bisa mengambil armor blood untuk penambah nyawa sampai garis finish.

Game ini gue buat secara pribadi dan dibantu 2 orang temen gue yang kebanyakan mereka cuma bantu nemenin. Udah biasa laah kalo ada tugas kelompok seperti itu, yang satu ngerjakan dan yang lain hanya memperhatikan, tapi untungnya mereka masih tetap peduli sama gue, ketika ada tugas dari mata kuliah lain mereka mau untuk mengerjakannya demi gue. Dan pada akhirnya setelah hampir 4 bulan mengerjakan game Bloody Jump akhirnya selesai dan bisa dijalankan dalam versi PC. Rasa syukur tak habis gue panjatkan karena projek game gue itu masuk kedalam 3 besar projek akhir terbaik dari 4 kelas yang mengikuti mata kuliah tersebut.

Tapi beberapa minggu yang lalu gue dipanggil sama dosen gue yang ngasih tugas akhir game tersebut. Beliau berkata kalo gue disuruh untuk memperbaiki dan membuat game Bloody Jump bisa dimainkan di smartphone android. Untuk diubah jadi game android sih udah gue lakuin pas presentasi hasil akhir tapi dalam versi android itu masih ada beberapa kesalahan sehingga game tidak bisa berjalan seperti yang ada diversi PCnya. Gue pun memperbaiki game gue tersebut yang rencananya mau tampilkan saat ada acara peresmian gedung baru kampus gue serta pas acara wisuda yang diadakan tanggal 1 dan 2 april besok. Tantangan yang kali ini memang beda karena gue harus kerja sendiri mulai dari desain sampai proses ngoding dan gue harus nyelesain kesalahan digame gue tersebut yang gue coba perbaikin dari dulu sampai sekarang masih belum bisa diatasi juga.

--- { } ---


Itulah gaes beberapa kesibukan gue di bulan-bulan awal gue masuk kuliah ini. Gue harus ngerjakan soal olimpiade dan menyelesaikan game yang keduannya diberi dateline sampai tanggal 1 besok itu dan gue harus mengerjakannya sendirian. Disamping itu juga tugas kuliah yang semakin menumpuk membuat gue mulai stress sekarang untuk fokus menyelesaikan yang mana terlebih dahulu dan kedua hal itu memiliki masing-masing kesulitan yang berbeda.

16 comments:

  1. Soal Algoritma? pikiran gue langsung mengarah ke Matematika. Gue paling ngga ngeh samapa pelajaran berhitung, apalagi merumus. Susah bet~

    ReplyDelete
  2. Ahhh untung gw gak pernah kuliah.. jadi gak ketemu lagi sama yg namanya matematika.. agoritma... dan pernah ketemu atau ngerasain gimana rasanya semester genap, ganjil, tugas-tugas dan skripsi. . .
    Tapi entahlah.. apakah gue beruntung atau kurang beruntung gue gatau haha..
    Tapi gue punya sodara yg suka bikin aplikasi juga.. gue sering liatin... kadang nemenin dia begadang.. menarik juga liat kode kode kaya gitu.. walaupun gak ngerti tentu saja .. haha

    ReplyDelete
  3. Gila keren bro. Bisa bikin game menurutku keren. Coba diperbaiki itu gamenya, kalo bisa bikin lagi yang lebih keren. Ditekuni aja. Semoga kuliah lu lancar disemester genap ini yang katanya lebih sulit.

    ReplyDelete
  4. Anjir, ngerjain soalnya aja udah susah, dan lu buat. Wedehhh, takjub dah. Mana buat game bloody lagi, dan ngerubah biar bisa dipake diandroid. keren lahh..

    Btw, kenapa pelajaran teknik informatika sama MTK selalu punya keterkaitan sih? *Aku bodoh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw lagi, follbcak boleh? (nadiahrachmani.blogspot.com) hehehe XD

      Delete
  5. gokil udah bikin aplikasi. tapi emang bener sih, gue ngalamin, gue baru semester dua, dan tugas seakan menyerang bertubi-tubi tanpa henti

    ReplyDelete
  6. Wah kesibukan nya kece bangets loh. Udah bisa buat game sederhana, padahal masih kuliah. Gut tunggu aplikasinya di play store yaa :)

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Wuiiih anak HIMATIF juga. Tos dulu dong :D
    Ya namanya juga smester bertambah, ya bertambah pula tugasnya. Apalagi ikut organisasi. Harus pinter2 bagi waktu aja.
    Keren nih udah bikin2 game gitu. Semangat terus bro.
    T.Informatika emang jurusan kuliah yg lumayan rumit. Moga lulus ampe wisuda.
    Nice post

    ReplyDelete
  9. Widih, aku ngiler banget pengen bisa ngoding apalagi sampai bikin aplikasi. Semoga bisa nerusin jejak nih :D

    Hahaha, namanya anak kuliah pasti sibuk, aku sebentar lagi bakal ngerasain juga jadi 'mahasiswa', semangat ya kak!

    Oh iya, game 'Bloody Jump'nya bisa didownload gak nih? Aku penasaran banget. Kirim aja ke email : rifqimu@gmail.com linknya. Kapan lagi bisa dapat game dari temen blogger :D

    ReplyDelete
  10. Wah sefakultas kita kalau di kampus saya wkwk. Sempat merasa punya kemiripan karena saya juga kebetulan masuk lab game developer wkwk (meskipun masih newbie)

    Btw emang semester genak saya juga kaya giu wkwk, tugas kuliah ditambah kesibukan organisasi. Selalu padet dan ngerasa setiap semester genap pasti bakalan gagal wkwk, meski semuanya dikembalikan kepada Tuhan, ea sangking frustasinya. :D

    ReplyDelete
  11. Pertama mw bilang salam kenal ya mas, sy follow ya blognya

    Wah mas ini kuliah di jurusan yg sy damba2kan. Ada tips nggak sih mas untuk lulus dijurusan ini

    ReplyDelete
  12. Waduh, keren banget tuh bro, selain menjadi Himpunan Mahasiswa, kamu ditunjuk oleh temen-temen sebagai yang bertanggung jawab bikin soal buat olimpiade. Tanggung jawab yang besar banget tuh hehe.

    Sekali lagi aku mau bilang keren boleh yaa? Keren banget soalnya selain dipilih bertanggung jawab bikin soal buat olimpiade, juga ada proyek bikin game yang support untuk android. Untuk pc nya sendiri jadi memang sudah berjalan normal yaa? Tinggal support ke android aja nih.

    Semangat yaa bro! Meskipun sibuk kuliahnya, blog nya juga jangan ditinggalin yaa hehe.

    ReplyDelete
  13. Wow! Amazing. Itulah yang pertama gue ucapkan untuk kesibukan lo.

    Pertama lo bisa bikin soal algoritma. Menurut gue ini keren dan menjadi beban besar. Apalagi ini dalam acara lomba hmj. Ini keren.

    Kedua lo bisa bikin game. Gue yakin ini sulit pake bgt. Klo udah bisa di download di android. Gue pengen download. Tolong kabarin ya. Gue penasaran nih.. pasti keren! Klo bukan kita yg ngedukung sapa lagi coba, terus kembngin game itu biar makin keren ya bang!!!!!

    ReplyDelete
  14. cuman angguk2 doang dibagian anak HIMA, untung bukan HINA *oops
    soalnya aku kuliah dengan sistem asrama dan pendidikan semi militer, jadi pas baca yah cuman bisa ooh.. omplong

    jadi emejing pas bagian kamu bikin game, wow! hebat banget! kamu makan apa sih bisa bikin game gitu? *katrokmodeon*
    jadi gimana game bloody-nya? udah bisa dimainin via semarpon? nanti diupdate yah, jadi penasaran soalnya

    ReplyDelete
  15. titanium dioxide in food - The Technological Institute of
    The titanium bicycle titanium dioxide in trekz titanium pairing food implant grade titanium earrings TIPSTER, a titanium hair straightener chemical reaction by the titanium tv alternative world's most advanced TIPSTER-16 - The T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.T.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di si-cadel.com

Alangkah baiknya setelah kalian baca-baca atau hanya sekedar lihat-lihat saja. Tuliskan komentar, baik kritik maupun saran kalian buat si-cadel. Komentar kalian akan membuat si cadel bersemangat. Subscribe dan Follow yaa sekalian

Terima kasih.