TANTANGAN BARU




Bagi gue pribadi menghadapi sesuatu hal yang baru itu secara ngak langsung baik untuk perkembangan diri gue. Yang awalnya gue cuma berada di zona nyamannya gue, bergelut dengan kemampuan yang udah gue dapet yang itu-itu ajah tapi karena suatu hal akhirnya gue mutusin untuk belajar menghadapi tantangan baru dalam hidup gue.

Semua ini berawal ketika mengikuti salah satu program Microsoft. Iyaps raksasa teknologi dunia tersebut mengadakan program tahunan bernama Microsoft Student Partner.

Apa sih Microsoft Student Partner itu ??

Mungkin banyak dari kalian ngak tau apa itu Microsoft Student Partner. MSP atau Microsoft Student Partner adalah suatu kegiatan Microsoft yang merekrut mahasiswa-mahasiswa lalu mengedukasinya dengan teknologi-teknologi Microsoft dan setelah belajar teknologi Microsoft diharapkan para anggota MSP mengshare ilmu kepada semua orang dan khususnya mahasiswa di kampusnya, bisa melalui media blog atau media yang lainnya. Secara nggak langsung program ini intinya tetep promosi teknologi Microsoft tapi kita dibekali terlebih dahulu dengan ilmu-ilmu Microsoft.
Gue mengenal MSP sudah sejak tahun lalu, dan proses pengenalan itu gue dapet dari temen gue yang kuliah di kota kembang Bandung tapi pas tahun lalu gue telat daftar dan pada akhirnya gue baru bisa daftar pada tahun ini dan alhamdulillahnya gue dan temen gue dari kota kembang itu lolos sampai tahap ke-3. 

Apa yang bakal di dapat kalo ikutan ??

Sebagai anggota MSP tentunya kita akan mendapat software-software Microsoft secara free dan ter-up to date, sekarang siapa sih yang nggak mau dikasih secara cuma-cuma plus dapet duluan lagi dari pada orang lain. Selain mendapat product Microsoft kita sebagai anggota MSP bisa menambah relasi tentunya dengan mahasiswa-mahasiswa di seluruh dunia karena perlu kalian tau kalo MSP ini bukan hanya di Indonesia saja tapi ada di seluruh antero dan belahan dunia. Tentunya masih banyak lagi manfaat yang bakal di dapat jika gabung dengan MSP, bisa mengasah hardskill maupun softskill karena tak jarang juga anggota MSP bakal jadi pembicara dalam seminar atau diskusi Microsoft.

Terus buat jadi anggota MSP itu bagaimana ??

Untuk jadi anggota MSP harus melewati 4 tahap terlebih dahulu. Pertama adalah tahap Submission Filtering yakni proses pengisian identitas pribadi mulai dari nama, asal kampus, pengalaman di bidang teknologi dan pengalaman di organisasi khusunya dalam bidang teknologi. Jika dalam tahap ini lolos maka akan ada tahap Self Learing dimana calon anggota MSP akan diajarkan tentang teknologi Microsoft lalu nantinya akan membagi atau share kepada semua orang melalui media blog. Selanjutnya tahap Pimp-Up Your Skills dimana ditahap ini kita akan masih di ajarkan dengan tujuan agar kemampuan bisa meningkat lagi. Lalu terakhir ada tahap Interview With Regional or Country Lead MSP dimana kita akan diajak interview atau diskusi dengan beberapa Regional Lead MSP yang ada di beberapa daerah atau bisa juga dengan Country Lead MSP Indonesia biar saling mengenal dengan para calon anggota MSP lain juga.

Jadi tantangan barunya itu apaan yaa ??

Dalam setiap tahap terdapat beberapa tugas-tugas yang harus diselesaikan, termasuk di tahap ke 3 ini. Di tahap 3 calon anggota MSP diharuskan memilih salah satu antara membuat Aplikasi Mobile atau membuat Aplikasi Berbasis Website. Gue agak dilema jika disuruh memilih dua jenis aplikasi itu. Kenapa tidak, kalo gue milih Website gue bisa agak santai karena pas semester ini ada mata kuliah Pemrograman Web jadi gak susuh deh buatnya, bisa buat tugas mata kuliah, bisa juga buat tugas MSP ini. Tapi batin gue makin bergejolak meminta gue buat memilih Aplikasi Mobile.

Sebenarnya gue lebih condong ke aplikasi mobile tapi ada resiko-resiko yang harus gue hadapain kalo gue ambil aplikasi mobile. Yang pertama gue sebenernya udah pernah nyoba-nyoba buat aplikasi android dan hasilnya kayag telor ceplok alias nool bullet gak ngehasilin apa-apa. Bahasa pemrograman yang rumit menjadi faktor gue gagal paham dalam pembuatan aplikasi android. Selain itu spek leptop gue yang sering mati kalo udah panas ini tidak sanggup buat menyimpan tool-tool untuk membuat aplikasi android yang gedenya setengah dari space harddisk leptop gue.

Tapi akhirnya dengan memantapkan hati dan menyiapkan mental yang kuat, gue pun memutuskan untuk tugas seleksi di tahap 3 ini gue buat aplikasi android saja. Yaa itung-itung belajar suatu hal baru biar kemampuan gue bisa berkembang mesti gue harus menginstal ulang dan mempartisi ulang kembali harddisk leptop gue buat si leptop ini semakin kuat ngadepin besarnya tool-tool pembuat android dan jika dalam pembuatan aplikasi ini gagal setidaknya masih ada tugas mata kuliah pemrograman web yang masih bisa gue gunakan untuk tugas seleksi tahap 3 ini. Maka dari itu mari berjuang bersama-sama leptopku.

--- { } ---

Buat temen-temen semua, jangan takut untuk belajar suatu hal baru. Jangan menutup mata untuk memahami ilmu dan pengetahuan baru. Jangan selalu berada di zona nyaman kalian, sekali-kali keluarlah dan cari suasana dan lingkungan baru agar kalian tidak merasakan di titik kejenuhan dan agar kemampuan kalian bisa tetap terus berkembang seiring perkembangan zaman. Salam dari gue yang cadel.

13 comments:

  1. Ya setuju!! jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru karena bisa jadi itu akan menjadi menyenangkan hihihi.

    ReplyDelete
  2. widih keluar dari zona nyamannya sadizz ,, semabang [semangat bang] hihihi

    ReplyDelete
  3. setuju gan !! klo did alam zona aman erus kita gak akan berkembang

    ReplyDelete
  4. baru tahu gan ane kalau ada Microsoft Student Partner. betulmun kalau kita terus di zona aman, setelah keluar dari zona tersebut akan susah nantinya

    ReplyDelete
  5. Semangat gan, semoga lolos:)

    ReplyDelete
  6. wah ini keren. jadi tambah informasi

    ReplyDelete
  7. :) terus berjuang gan. Saya juga berusaha berdiri sendiri, keluar dari zona aman.

    ReplyDelete
  8. keren banget..
    salut banget sama kamu berani keluar dari zona nyaman..
    jangan patah semangat.. namanya juga baru belajar kan, kalo hasilnya belum memuaskan, terus belajar lagi sampai hasilnya memuaskan..
    intinya jangan patah semangat ya..
    sukses terus.. :)

    ReplyDelete
  9. Wih keren ah bisa ikutan Microsoft Student Partner. Memang kalau udah masuk kesitu, tantangannya juga berat, dan harus memaksa lo untuk keluar dari zona nyaman, dan mencari tantangan baru. Nice! Bahkan sekarang ini gue lagi browsing nih gimana cara ikutan MSP itu. Masih bisa gak?

    ReplyDelete
  10. Baru tau ada microsoft student patner. Wah, sampe tahap 3 aja udah keren bgt. Gimana klo lolos dan sampe tahap 4. Gila! Semoga lo lolos bro.

    Gue setuju bgt tuh, kita harus keluar dari zona nyaman.
    Eh iya, klo aplikasi mobile kan emang lagi booming bro, gak salah deh lo pilih itu. Semoga laptop lo kuat. Hihi

    ReplyDelete
  11. Jadi lo kuliah di jurusan IT ya bro??? Wah... Ajarin gue buat web dong.. :'( GUe gak bisa-bisa, nih. :'(

    Ternyata perjuangan lo untuk sampai ke tahap selanjutnya emang keras juga, ya. Belum lagi harus menghadapi banyak tugas gitu.

    Salut!!! Lo meskipun ngerasa pernah gagal, tapi tetep optimis untuk nyobain buat aplikasi android. Nice!!! Semoga sukses ke tahap selanjutnya.

    ReplyDelete
  12. Gue berdoa yang terbaik buat lo.

    Gue suka banget sama inovasi di dunia teknologi, khususnya di gadget sih. Tapi, gak begitu mendalami karena ya gue juga sibuk sama kuliah yang gak ada sangkut pautnya sama teknologi.

    Wah, sepertinya gue gak bisa ikut. Karena gak paham sama bahasa pemograman :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di si-cadel.com

Alangkah baiknya setelah kalian baca-baca atau hanya sekedar lihat-lihat saja. Tuliskan komentar, baik kritik maupun saran kalian buat si-cadel. Komentar kalian akan membuat si cadel bersemangat. Subscribe dan Follow yaa sekalian

Terima kasih.