CERITA ANAK TUNGGAL


Sebagian orang mengatakan kalau hidup sebagai anak tunggal itu enak. Ada yang bilang kalo anak tunggal itu kalau minta apa-apa pasti bakal turutin, ngak usah repot berbagi makanan dengan saudara dan banyak deh lainnya. Intinya bagi mereka hidup sebagai anak tunggal itu enak dan gak ada susahnya. Gue sendiri juga termasuk dalam golongan anak yang tak berkakak atau anak yang tak beradik alias anak tunggal. Hidup sebagai anak tunggal bagi gue tak sepenuhnya seperti yang orang kira, bakal minta apa-apa bakal diturutin tapi buktinya pas gue minta dan susahnya minta ampun buat dikabulin. Hidup gue sebagai anak tunggal adakalah menjadi suatu kebahagiaan dan adakalanya menjadi suatu kesedihan buat gue. Kebahagiaan itu salah satunya adalah tidak usah berbagai dengan saudara, ketika ibuk atau bapak pulang kondangan terus bawa jajan banyak. Ketika anak-anak lain harus berbagi dengan kakak atau adiknya, gue bisa menikmati itu semua sendirian.

Seperti yang gue bilang diawal tadi, salah satu kebahagiaan menjadi anak tunggal adalah kalau minta apa mesti diturutin. Mungkin ini bagi gue kadang berlaku dan kadang engak,  ketika gue kecil dulu emang bener kalo gue minta beli ini pasti dibeliin tapi belinya gak langsung, gue harus nunggu satu sampai dua bulan dulu dan kadang juga karena gue udah lupa orang tua gue gak jadi beliin buat gue. Mungkin hal itu dilakuin orang tua gue biar gue gak terlalu dimanja. Kalo anak cowoknya yang cakep ini dimanja, bakal jadi apa gue ntar.

Salah satu kesan menyeramkan bagi seorang anak tunggal adalah ketika ada orang berkata”MINTA ADIK”. Selain mama minta pulsa dan papa minta saham, ada juga tren yang terkenal bagi anak tungal yakni anak minta adik dan itu sering banget terjadi pad ague. Ngak tau kenapa semua orang yang mengetahui kalo gue anak tunggal mesti bilang seperti itu. Terus bagaimana tanggepan gue ketika ada orang yang bilang “mintao adik gih sama ibukmu”. Dulu gue cuma bisa tersenyum saja mendengar ucapan seperti itu tapi sebenarnya dalam hati gue malu banget ketika ada orang yang seperti itu. Pengen banget deh cepet-cepet punya adek dan gue kasih tau pada mereka kalo ini loh adek gue dan mereka gak perlu menggoda gue dengan pertanyaan MINTA ADIK. Gue kira pertanyaan itu hanya terjadi pas gue kecil ajah, ternyata engak. Gue yang udah gede segini masih ajah diberi pertanyaan horror-horor seperti itu. Tapi sekarang gue gak malu lagi ketika ada yang seperti itu.  Ketika ada yang bertanya minta adik pad a gue, maka langsung akan gue jawab seperti ini.

Orang  : “Ehh kamu anak tunggal  ? minta adik ajah loh ke ibumu”Gue     : “engak.. gak usah minta adik ntar buat adik sendiri”Orang  : *hening*

---{ } ---
Terlepas dari pertanyaan tersebut masih banyak yang gue alami sebagai anak tunggal. Kebahagiaan sebagai anak tunggal masih sering gue alami ketika gue kecil, dan setelah gue lulus SMA baru merasakan bagaimana kesepiannya menjadi anak tunggal. Yang pertama anak tunggal itu ngak boleh kemana-mana. Ini beneran terjadi sama gue, yang dimaksud ngak boleh kemana-mana disini gue gak diperbolehin kuliah diluar kota, dan puncaknya saat gue keterima di salah satu univeristas negeri dikota kembang bandung. Saat itu dikala semua anak berlomba-lomba masuk ke kampus unggulan tapi gue harus melepas peluang yang udah gue genggam. Semua itu gue lakuin karena gue gak diijinin sama orang tua gue buat berangkat ke bandung, tangisan ibuk gue membuat gue gak bisa apa-apa dan dengan ikhlas gue pun melepaskan peluang itu.

Selain dibatasi untuk pergi jauh-jauh, nasib dari anak tunggal selanjutnya adalah udah sering merasakan kesepian. Iya bener, anak tunggal udah sering banget merasa kesepian karena memang ngak ada temen atau saudara yang diajak main dirumah. Dikala setiap orang ingin pulang kerja atau pulang sekolah cepat-cepat karena ingin bermain bersama kakak atau adiknya, sedangkan gue pulang kerumah ngak ada temen yang bisa diajakin bercanda. Apalagi kalo malam tiba, ketika hiburan di TV sudah mulai membosankan dan disaat itulah kejenuhan dan kesepian dirasakan.

Selama ini memang kesepian sering datang menghampiri tapi setidaknya kesepian itu ada obat penawarnya. Meski tidak mempunyai seorang adik tapi yang gue anggep adik udah banyak. Iya memang bukan adik kandung tapi adik dari anak bibi-bibi gue. Kehadiran para ponakan-ponakan tersebut mampu menjadi teman ketika gue sedang kesepian dan ini suatu keberuntungan atau engak kalo semua cucu dari nenek gue semuanya cewek dan gue cowok satu-satunya. Dari keluarga ayah pun demikian, semua cucunya juga perempuan dan gue ajah yang cowok tapi soal kedekatan gue lebih deket sama cucu dari keluarganya ibu gue. Karena memang sudah tetanggaan dan ketika gue kecil udah sering dirawat juga oleh mereka.

Berjalannya waktu para ponakan tersebut pun bertumbuh menjadi seorang remaja. Ponakan q yang pertama sekarang sudah kelas 12 yang sedang ujian sekarang, yang kedua sudah kelas 9 SMP, yang ketiga kelas 6 sekolah dasar dan yang terakhir kelas 5 SD. Mereka berbeda ketika dulu, ketika mereka masih kecil masih sering main-main dengan gue sebagai abangnya. Mainannya yaa jelas mainan perempuan dan mau ngak mau gue harus ngikutin mereka dan tak jarang jug ague ajari mainan cowok seperti main kelereng bahkan main bola sepak. Tapi sekarang udah engak bisa lagi, mereka sudah disibukan dengan urusan mereka masing-masing. 3 dari 4 ponakan gue tahun ini semuanya mengikuti ujian nasional dan gue harap mereka bisa lulus dan mendapat nilai yang bagus kayag gue semasa gue sekolah dulu. Tapi setidaknya kehadiran para keponakan cewek-cewek itu bisa menemani kesepian gue.

--- { } ---

Begitulah sebagian cerita gue sebagai anak tunggal. Adakalah menjadi anak tunggal itu ada enaknya dan adakalahnya juga gue merasakan kesepian. Terlepas dari beberapa nasib menjadi anak tunggal. Gue masih beruntung masih hidup bersama kedua orang tua gue yang sangat sabar merawat gue dan sangat menyayangi gue selama ini. Kadang mereka marah memang dalam hati gue kesal ketika dimarahi tapi dibalik kemarahan ibuk dan bapak gue terdapat cinta yang besar kepada gue sebagai anak satu-satunya.

9 comments:

  1. Ya udah kalo ga mau minta adik
    Minta dibikinin kakak aja bang
    Kan jarang loh anak tunggal minta dibuatin kakak

    ReplyDelete
  2. Hmm sepertinya muantappp tau kalau jadi anak tunggal tapi lebih muantappp lagi kalau punya adik karena kalau punya adik bisa diajak ngobrol, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  3. Jadi anak tunggal memang ada enaknya, ada juga gak enaknya. Tapi yang ga enaknya itu hanya opini kita aja, dan sebenarnya juga bisa dijadikan sisi menguntunhkannya. Terutama harus bisa menjadi panutan dan bertanggung-jawab pada adik-adiknya. Salam anak tunggal!

    Btw, tulisannya secara overall keren. Tapi kurang ilustrasinya, jadi terkesan ngebosenin. Walaupun tulisan lo udah keren, tapi tambahin sedikit gambar, atau ilustrasi lainnya biar menarik. Itu aja sih saran dari gue. Semangat yo

    ReplyDelete
  4. Enak gak enk sebenernya tergantung kita aja sih. Aku bersyukur banget punya abang dan punya adek, jadi lengkap hehe. Sebab mereka cowok semua, jadi dewasanya lebih cepet, demi aku mereka rela mengalah. *aku mbak yang jahat* dulu waktu kecil aku nangis2 gak mau punya adek, tapi gara2 temenku (anak tetangga) yang anak tunggal nangis2 pegen punya adek. Aku jadi sayang sama adekku, takut adekku diminta bude tetangga. Hahahaha

    ReplyDelete
  5. Ya, apapun yang allah kasih disyukuri aja bang.
    Klo lo masih anak tunggal sampe sekarang, tetep disyukuri. Gue alhamdulillah punya adek, dan gue syukuri. Walaupun kadang bikin kesel juga. Hehe

    Untuk yang gak bis keluar kemana2 ya. Agak bingung juga ya, padahal lo udah ke terima gitu. Yah... mungkin ini yang terbaik aja dek. Aamiin

    ReplyDelete
  6. sama, saya juga anak tunggal.. :)
    emang bener, kita ngak boleh kemana-mana..
    Saya juga dulu gitu, sudah di terima di salah satu Universitas di Salatiga, tapi orang tua bilangnya kuliah di Jayapura aja..
    tapi tetep bersyukur aja.. :)
    ngak punya adik kandung atau kakak kandung, tapi masih punya saudara2 sepupu.. hehehe
    sama lah..
    tetep disyukuri semuanya.. :D

    ReplyDelete
  7. Waaah iya, dulu bahkan sampai sekarang aku masih punya pikiran bahwa jadi anak tunggal itu enak banget. Karena ya siapa lagi anak yang mau diperhatiin selain dia, masa iya anak tetangga. Kan gak lucu wkwkwkwk :(

    Intinya, mau anak ke pertama, kedua atau bahkan terakhir mah ya syukuri aja lah ya.
    Semua anak pasti punya porsi enak dan gak enaknya kok hehehehe.
    Semangat sob!

    ReplyDelete
  8. kalau pas jaman kecil dulu emang sih pingin banget jadi anak tunggal, soalnya aku ini anak sulung, punya adek 1 jarak 4 tahun, dan dulu jaman main ama temen-temen, adikku ini ngikut terus, sampai2 kalau aku main g bisa power max, alias, g jadi anak bawang. semua temen pasti jadiin aku anak bawang soalnya bawa adek kemana-mana. tapi pas udah berumur gini, punya adek itu asik, dulu nganggepnya adek yang menyusahkan, sekarang, dia udah kayak temen sendiri, tapi sayangnya, dia kuliah diluar kota, dan g dirumah setiap hari, pas libur doang, syeddiiiihh!!

    ReplyDelete
  9. Saya juga anak tunggal. Semakin dewasa merasa beban tanggung jawab bertambah. Karena satu-satunya harapan keluarga, anak tunggal harus mandiri, supel, sukses, dan kuat dalam segala hal.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di si-cadel.com

Alangkah baiknya setelah kalian baca-baca atau hanya sekedar lihat-lihat saja. Tuliskan komentar, baik kritik maupun saran kalian buat si-cadel. Komentar kalian akan membuat si cadel bersemangat. Subscribe dan Follow yaa sekalian

Terima kasih.