BERGERAK

Loe ngaku anak muda ?? sekarang gue tanya apa ajah sih yang elo lakuin sebagai anak muda ?? jalan-jalan, nongkrong di kafe, nyelfie sana sini. kalo kalian melakukan hal itu berarti kita sama hehehe. Tak perlu dipungkiri lagi kebanyakan anak muda sekarang pada doyan update di sosial media, mulai dari jalan kemanalah, lagi makan apalah bahkan kejonesannya pun diupload ke media sosial. Tapi sangat merugi bagi kalian wahai anak muda jika hidup di masa muda kalian hanya habiskan hanya untuk hal-hal itu saja. saatnya BERGERAK.

Sebagai generasi muda tentunya bergerak adalah suatu keharusan dan bergerak ke arah yang positif. Dengan berkembangnya teknologi di masa kini semakin besar peluang kita untuk tetap terus bergerak. Salah satu hal yang sedang menjadi trend saat ini adalah banyaknya bermunculan startup-startup baru. Keberadaan startup tersebut merupakan efek yang dihasilkan dari adanya perkembangan dunia IT.

Bagi seorang calon founder startup hal yang paling susah adalah bagaimana startup yang dibuat bisa terus bertahan dan mampu bersaing dengan para startup lainnya. Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan startup baru mulai dari memilih ide yang keren, mencari co-founder yang satu misi dan sebuah aplikasi. Ide itu sangat banyak sekali bertebaran diluar sana tergantung dari kita apakah dapat mencapai ide tersebut dan bisa terus mengupgrade ide-ide kita menjadi sebuah ide yang lebih menarik lagi.

Dan perlu diketahui dalam membuat sebuah startup kita tidak bisa berdiri sendiri, you not a superman or ironman. Carilah partner mulai dari orang terdekat, keluarga, pacar ataupun orang lain. Jangan takut kalian akan membagi gaji kalian berdua tetapi gabungan dari lebih dari satu kepala akan menghasilkan suatu produk yang berinovasi karena tidak hanya dari satu sudut pandang ajah untuk melihat dan menilai ide tersebut tetapi dari berbagai sudut dan dasar keahlian yang berbeda.

Apakah startup itu sebuah bisnis ?? sudah jelas bahwa orientasi dari startup bukan soal bisnis tetapi menyelesaikan masalah. Hadirnya startup ini memang bukan bisnis sebagai tujuan awalnya tetapi mencoba memecahkan apa yang terjadi dimasyarakat dan startup mempermudah sebuah proses yang terjadi di masyarakat. Jadi cobalah memecahkan masalah yang terjadi dan jadikan proses yang terjadi dimasyarakat menjadi lebih mudah.

Selain itu sebagai seorang founder kita dituntut percaya kepada tim yang telah ada. Sebagai leader seorang founder tidak boleh semena-mena sendiri, meski itu ide darinya tetapi proses diskusi dengan tim adalah hal yang penting. Dalam memilih sebuah tim juga kita harus paham apa yang akan kita lakukan dengan tim itu, mulai dari basic yang dipunyai, memiliki visi misi yang sama dengan founder dan jangan ragu untuk melepaskan anggota tim yang tidak mendukung karena maju mundurnya sebuah startup tergantung pada tim.

Sudah dibilang di awal bahwa startup saat ini keberadaannya sangat banyak. Jangan jadikan itu sebagai saingan tetapi jadikan sebagai partner. Terkadang kolaborasi sangat perlu dengan catatan kolaborasi menghasilkan sesuatu yang menguntungkan kedua belah pihak. Jangan sampai hanya satu pihak yang diuntung saja. Jika terjadi seperti itu jangan ragu untuk menegur, dan jika tak terpengaruh kita bisa memutuskan kerjasama tersebut.


Mari anak muda ayo bergerak.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di si-cadel.com

Alangkah baiknya setelah kalian baca-baca atau hanya sekedar lihat-lihat saja. Tuliskan komentar, baik kritik maupun saran kalian buat si-cadel. Komentar kalian akan membuat si cadel bersemangat. Subscribe dan Follow yaa sekalian

Terima kasih.