KISAH ANTARA AKU & FLASH

         
Pagi itu sama seperti pagi-pagi yang biasanya, ngak ada ucapan selamat pagi dari mantan, ngak ada yang nyiapin sarapan dan bangun pun masih bangun sendiri ngak ada yang ngebangunin. Sebagai seorang yang udah ketagihan dunia maya sehabis bangun gue nyempetin buat buka notifikasi facebook yang udah numpuk di hape gue. Gue cek satu persatu, isinya yaa cuma like, komentar, mengirim di grup dan harapan gue, gue dapat chat dari doi tapi itupun ngak ada. Tapi tak apalah gue akan tetap berusaha terus buat dia.

Gue geser-geser layar hape gue, klik sana dan klik sini berharap berjumpa dengan sang pujaan hati. Tapi seketika itu tangan gue berhenti begitu saja, mata gue terfokus pada salah satu postingan orang yang ngak gue kenal di salah satu grup yang gue ikutin. Betapa kagetnya diriku ini, dia menuliskan “R.I.P Adobe Flash” dan di sambung link menuju kaskus. Gue pun syok banget melihat postingan seperti itu, dengan nafas agak tersengak-sengak dan mata sudah tidak kuat untuk menahan jatuhnya air mata, gue pun baca mulai dari atas sampeg dasar laut. Menurut yang gue baca kalo per 1 september kemaren kalo google sudah resmi menonaktifkan iklan atau apalah itu yang sejenis file flash dalam browser. Katanya sih flash telah menjadi “hama” yang bisa membuat browser menjadi buruk dan juga sebagai lubang menganga bagi para hacker untuk masuk ke sistem komputer..

Gue pikir itu cuma hoax belaka, atau mungkin si flash lagi cari sensasi. Gue pun menselikidi, eeh maksudnya menyelidiki apakah itu bener atau hoax belaka. Dan setelah gue mengunjungi ke beberapa TKP gue menemukan bukti-bukti baru kalo sebelum google ternyata facebook, firefox, bahkan youtube sudah menonaktifkan terlebih dulu, malahan om gue steve jobs udah meramalkan sejak dulu kalo flash bakal tergantikan posisinya *nangis menjerit*. Ada sih pengganti si flash yakni si HTML5, iya si logo tameng warna orange itu penggantinya. Katanya lagi sih html5 lebih enteng di browser dari pada flash. Gue pun membenarkan kalo html5 lebih enteng segala-galanya.

Sedih banget denger kabar seperti itu padahal dulu flash itu di sanjung-sanjung karena dia udah membuat tampilan web menjadi lebih menarik dengan animasi-animasinya. Hemmmm udah banyak juga kenangan gue sama si flash, gue udah kenal flash sejak gue kelas 1 SMA atau sekitar 4 tahun yang lalu, perkenalan yang cukup singkat itu udah ngebuat gue jatuh cinta sama flash, tapi saat itu gue masih belom bisa mengoprasikannya dan Cuma ngumpul-ngumpulin tutorialnya ajah.

Kecintaan gue pun masih berlanjut karena flash masuk dalam materi perkuliahan setara D-1 yang di adain di sekolah gue tapi pelajaran flash itu berada di semester 6 atau semester terakhir dan sebelum semester 6 itu udah mulai untuk mengerjakan Tugas Akhir (seperti skripsi). Gue yang udah cinta sama flash akhirnya mengambil judul dengan adobe flash sebagai programnya. Di bilang nekad yaa emang nekad, udah belom di pelajarin tapi udah buat judul TA gue, semangat gue bertambah ketika gue tau kalo TA menggunakan flash akan mendapat nilai yang paling tinggi dari pada dengan program lain, yang ambil flash pun bisa di itung dengan jari dan lama-kelamaan mereka ada juga yang lambaikan tangan pada kamera. Tapi syukur akhirnya gue berhasil nyelesain tugas akhir gue dan lulus dengan nilai yang memuaskan.

Cerita gue dan flash ngak berhenti di situ ajah, gue bukan sombong lohh yaa hehehe,, karena kemampuan gue yang kata temen gue udah jago flash akhirnya gue di ajakin untuk ikut kompetisi majalah digital tingkat jawa timur yang di adain salah satu universitas negeri di Surabaya. Gue pun di tempatkan sebagai engginer flash, membuat tampilan flash, animasi, tombol-tombol navigasi serta fitur-fitur tambahan. Tapi perjuangan gue di hantam cobaan, kalo karya tim gue ngak lolos jadi finalis. Kecewa sih apalagi sempet di php sama panitianya. Tapi tak apelah di ambil hikmahnya ajah.

“Udah ceritanya ???”
Eittts.. belom masih ada satu lagi kisah gue sama flash. Kembali dengan lomba yang sama, tapi yang ini beda penyelenggara dan beda tingkat pula. Namanya Enumeration 2014 yang di adain oleh PENS se Nasional. “Wuuuiiihh tingkat Jatim ajah ngak lolos tong, loe mau nyoba yang tingkat nasional ??” dengan ketambahan anggota tim yang lebih joss dan dapet bekal dari kegagalan lomba yang dulu gue pun mencoba sekali lagi dan juga sebagai kado perpisahan terakhir buat sekolah gue *ceritanya mau lulus*. Perjuangan kali ini lebih ekstra keras, gak tanggung-tanggung 5 leptop dibuat tidak berdaya oleh majalah digital tim gue kali ini. Besarnya kapasitas file majalah digital tim gue itu sebesar 900MB. Emang gede filenya karena yang kali ini ada banyak fitur baru seperti music, ganti tema dan ada 3 game yang 100% di buat dengan flash.
Perjuangan itu tidak sia-sia, tim gue lolos 15 besar dan maju ke babak final. Seneng ??? yaa seneng banget lah, udah lolos + menjadi finalis yang berbeda sendiri, 14 lainnya dari SMK dan kita yang satu-satunya dari MAN. Babak final pun tiba. Singkat cerita gue sama rekan gue Fahmi maju presentasi dan yang lain mengoperasikan aplikasinya. Persentasi kami di bilang sukses, seluruh penonton di ruangan tersebut terfokus pada kami berdua, gak tau mereka kok bisa seperti itu dan di akhir presentasi applause cukup meriah kita dapat. Sesi tanya jawab pun di mulai.
----- ( ) -----
Juri      : “Itu di buat dari flash semua.”
Gue     : “Iya pak itu semua di buat dengan flash.”
Juri      : “Berapa besar filenya ??”
Gue     : “Hampir 1 GB pak.”
Juri      : “Wihh gede amat, kebesaran itu kalo di download, kamu bisa html5 ??”
Gue     : “Hehehe.. Ngak bisa pak ”
Juri      : “Entar nyampek sekolah langsung belajar html5 yaa.”
Gue     : “Siiiap pak.”
----- ( ) -----
Siippp…. tahapan babak final telah selesai, tinggal menunggu hasil saja dan melihat tim yang lain presentasi. Dan yang di tunggu pun tiba, pengumuman pun sudah saatnya *drum rool* daaaannnnnnnnnnnnnnnn… yesssss!!!! Horeeeee !!! tim gue jadi juara favorit yeeeeee!!! speechless gue, meski ngak jadi juara 1 atau 2 ngak apa yang penting udah jadi juara favorit ajah udah buat kita seneng banget. Perjuangan mulai dari buat terus ikut TM yang pakek acra nyasar kemana-mana, dateng ke final dengan berdesak-desakan dalam mobil akhirnya Ge-Tech Crew (nama tim gue) jadi juara dalam lomba itu *nangis*.

Tim Ge-Tech Crew masa imut-imut dulu
(Gue, Fajar, Fahmi, Djohan, Sapip)
            Sangat banyak cerita bersama si aplikasi warna merah ini, suka dan duka sudah kita lalui bersama. Mengalami kekalahan dan menjadi pemenang pun bersama-sama. Seandainya kamu benar-benar hilang dari dunia ini, aku akan menjagamu dan tetap menaruh kamu di leptop ku ini. Terima kasih buat semuanya karena kamu telah mengukir kenangan yang panjang dalam hidupku. Selamat jalan.. We’ll not be missing you.. Terima kasih flash atas jasa-jasamu.

11 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. iyaa yaa, kenapa si flash harus dihapus. aku baru tau dr pstingan ini. kok flash dianggap sebagai 'hama' sih?

    selamat y udh jd juara favorit brkat si 'flash'. udh move on aja lagii, flash udh tenang disana ^^

    ReplyDelete
  3. Selamat ya udh bisa menjadi juara favorite walaupun ga bisa juara 1
    tapi itu juga udh bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan

    ReplyDelete
  4. Iya nih, dulu gua banyak orderan flash Animation dan kebanyakan gua kerjain di Adobe Flash dan Macromedia Flash. Banyak kisah antara gua dan Flash, sedih sekali saat denger Adobe bakal discontinue produk yg satu ini...

    ReplyDelete
  5. Padahal dulu kalo gak ada plugin adobe flash gak bisa muter video dari youtube gitu ya, sekarang suda dinonaktifin aja. Sedih sih. Majalah digital pernah liat punya guruku dia bikinnya dari html5, dia juga pernah buat template web dari html5. Emang lebih ringan dari flash.

    Baru tau juga kalo flash bisa membuat celah bagi para hacker

    ReplyDelete
  6. html5 mudah kok gag jauh-jauh amat sama html 4 (html yg biasa) cuma ada tambahan beberapa tag dan ada juga tag yg deprecated (usang). gue seneng banget denger kabar flash bakal discontinue soalnya capek update terus.

    ReplyDelete
  7. iya si....aku sadar kalo ada yg aneh ketika browsing.....ternyata gak ada satupun animasi flash gitu....
    yah semua biar lebih baik :v

    ReplyDelete
  8. RIP, flash. ikut sedih juga....
    tapi salut sama perjuangannya. biasa gue ikut cup ikut tm nya ending-endingnya nggak pernah menang sih :") tapi... keren broh perjuangannya. juara favorit itu lebih antimainstream dari juara 1 ataupun 2. salute!

    ReplyDelete
  9. saya juga sempet liat tuh di fb. Langsung ngarah ke kaskus
    Nggak bisa bilang apa-apa sih karena saya nggak mengerti keduanya baik flash maupun html5

    itu keren kalau jadi juara favorit. setidaknya masih mendapat hasil dan masih bisa lebih maju lagi tuh

    ReplyDelete
  10. keren, sayang sekali jika flash dihapus oleh Google, dan digantikan dengan html 5. Padahal udah jago main flash, tapi gpp, belajar lagi html 5 supaya bisa menjadi master lagi, terus bisa ikut lomba lagi. Keren dapat juara favorit, yang penting juara :)

    ReplyDelete
  11. meski flash telah tiada, jangan berduka ya sob.. teknologi mah emang gitu orangnya suka main berkembang - kembang aja :v Oh ya, selamat yaaa udah dapet predikat sebagai juara favorit. yang penting skrg tinggal upgrade wawasan dengan belajar html5. Selamat mencoba :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di si-cadel.com

Alangkah baiknya setelah kalian baca-baca atau hanya sekedar lihat-lihat saja. Tuliskan komentar, baik kritik maupun saran kalian buat si-cadel. Komentar kalian akan membuat si cadel bersemangat. Subscribe dan Follow yaa sekalian

Terima kasih.